Selasa, 21 Juni 2016


3 MACAM CONTOH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DI DALAM DUNIA PENDIDIKAN (IBI DARMAJAYA)











1.Manajemen Perpustakaan online Perguruan Tinggi
Perpustakaan di dalam PT (Perguruan Tinggi) pada umumnya merupakan satu sistem terintegrasi. Selain perpustakaan induk bisa terdapat perpustakaan tingkat fakultas atau bahkan pada tingkat departemen atau unit kerja lainnya. Tetapi dengan alasan efisiensi semuanya berada dalam satu organisasi. Perpustakaan fakultas atau departemen biasanya menjadi cabang dari perpustakaan induk. Dengan dukungan infrastruktur jaringan kampus dan perangkat lunak aplikasi perpustakaan terintegrasi, manajemen dan operacional perpustakaan dapat dilakukan dengan lebih mudah dan efisien.


2. Pemodelan Arsitektur Teknologi Informasi Berbasis Cloud Computing Untuk Institusi Perguruan Tinggi

Teknologi cloud computing merupakan teknologi dimana sebagian besar proses dan komputasi terletak di jaringan internet sehingga memungkinkan pengguna dapat mengakses layanan yang diperlukan dari manapun dan kapan pun. Menurut datadari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI), saat ini di Indonesia terdapat lebih dari 3.000 perguruan tinggi baik swasta maupun negeri. Secara umum, seluruh perguruan tinggi tersebut memiliki kesamaan proses bisnis dan kebutuhan sistem informasi. Namun dalam kenyataannya setiap perguruan tinggi membangun arsitektur dan kebutuhan sistem informasinya secara sendiri-sendiri. Hal tersebut menimbulkan beberapa permasalahan yaitu terjadi redundancy sistem informasi, tidak ada standardisasi struktur data, tidak terjadi konsolidasi data antara sistem informasi yang satu dengan yang lainnya dan inconsistency pengembangan sistem informasi. Beberapa permasalahan tersebut menjadi dasar pemikiran untuk merancang suatu model arsitektur teknologi informasi menggunakan konsep cloud computing.Berdasarkan hasil analisis terhadap kondisi perguruan tinggi di Indonesia dan menggunakan framework yang telah dipilih, dihasilkan suatu model arsitektur teknologi informasi berbasis cloud computing yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan perguruan tinggi di Indonesia. Arsitektur teknologi informasi tersebut terdiri dari arsitektur bisnis, arsitekturdata, arsitektur aplikasi dan arsitektur teknologi. Penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perguruan tinggi di Indonesia terutama sebagai acuan dalam merancang arsitektur teknologi informasi.

3. APLIKASI MOBILE GIS BERBASIS ANDROID LOKASI PERGURUAN TINGGI
Mobile GIS Berbasis Android Lokasi Perguruan Tinggi Provinsi Lampung” yang bertujuan sebagai aplikasi navigasi sederhana untuk mencari lokasi perguruan tinggi yang terdapat di Provinsi Daerah Lampung. Dengan memanfaatkan Android sebagai sistem operasi yang open source serta tersedianya layanan peta berbasis Google Maps yang dapat digunakan secara gratis dan juga tidak perlu membuat server khusus untuk mengelola data yang berkaitan dengan sebuah peta virtual.

GOOGLE CLASSROOM IBI DARMAJAYA


Pembelajaran berbasis teknologi informasi yang terangkum dalam Learning Managemen System (LMS), akan memberikan pengalaman terbaik bagi guru dan siswa saat melakukan KBM. Model pembelajaran seperti ini merupakan salah satu model pembelajaran inovatif berbasis e-learning. Tentunya mendukung adanya efisiensi waktu maupun kampanye paperless.

Google Classroom bisa didapatkan secara gratis dengan terlebih dahulu mendaftarkan diri pada akun Google Application for Education. Anda dapat mendaftarkan diri secara gratis untuk Dapatkan Produk Google. Salah satunya adalah Google Classroom, Fasilitas e-mail dengan domain sendiri, Google Drive, dan lain-lain. Akun Google Aplikasi for Education ini sangat bermanfaat untuk pembelajaran secara online, dapat diperoleh secara gratis serta dapat digunakan untuk perangkat apa pun. Salah satu kecanggihan aplikasi ini adalah dapat digunakan secara bersama-sama dalam kelompok secara kolaboratif.

Kira-kira apa saja yang ditawarkan oleh Google Classroom bagi pembelajaran online?. Berikut ada artikel yang saya terjemahkan dari situs elearningindustry.com yang membahas tentang Google Classroom.

Ada beberapa keuntungan yang kita dapatkan dari Google Classroom dalam pemanfaatannya sebagai Learning Management System (LMS).

1. Proses setting yang cepat dan nyaman
Proses set up pada Google Classroom sangat cepat dan nyaman jika dibandingkan harus menginstall LMS lokal atau mendaftarkan ke provider LMS. Guru tinggal mengakses aplikasi Google Classroom serta bisa memulai membagikan tugas-tugas dan bahan ajar. Guru dapat melakukan ini dengan menambahkan daftar siswa atau berbagi kode unik yang memungkinkan akses ke kelas pada Google Classroom. Google Classroom lebih sederhana dan mudah untuk digunakan, sehingga ideal bagi guru meskipun dengan tingkat pengalaman eLearning yang beragam.

2. Hemat waktu
Peserta didik tidak lagi harus men-download tugas yang diberikan guru. Guru pun tinggal membuat dan mendistribusikan dokumen untuk peserta didik mereka secara online. Guru juga dapat menentukan peringkat, memberikan umpan balik untuk semua tugas dan melakukan penilaian menggunakan aplikasi Google Classroom. Dengan demikian, ada potensi untuk menghemat sebagian besar waktu bagi keduanya, baik peserta didik maupun gurunya. Semuanya dilakkan secara paperless, sehingga tidak ada waktu yang terbuang untuk mendistribusikan dokumen fisik dan peserta didik dapat menyelesaikan tugas mereka dengan tepat secara online, sehingga lebih mudah bagi mereka untuk memenuhi deadline waktu yang diberikan dan belajar secara online dapat disesuaikan dengan jadwal sehari-hari mereka.

3. Meningkatkan kerjasama dan komunikasi
Salah satu manfaat paling penting dari menggunakan Google Classroom adalah sangat dimungkinkan untuk melakukan kolaborasi online yang efisien. Guru dapat mengirimkan pemberitahuan ke peserta didik mereka untuk memulai diskusi online atau memberitahu mereka tentang kegiatan pembelajaran online tertentu. Di sisi lain, peserta didik memiliki kesempatan untuk memberikan umpan balik kepada rekan-rekan mereka dengan posting langsung ke aliran diskusi di Google Classroom. Dengan demikian, jika mereka membutuhkan bantuan karena kesulitas memahami suatu tugas atau ingin mempelajari lebih lanjut tentang topik tertentu, mereka bisa mendapatkan masukan langsung dari teman sekelas virtual mereka. Pada dasarnya, Google Classroom meningkatkan aspek pembelajaran sosial pendidikan online, yang memungkinkan peserta didik untuk mendapatkan keuntungan dari pengalaman dan keterampilan rekan-rekan mereka.

4. Penyimpanan data terpusat
Dengan Google Classroom, semuanya berada dalam satu lokasi terpusat. Peserta didik dapat melihat semua tugas-tugas mereka dalam folder tertentu, guru dapat menyimpan bahan eLearning dan kegiatan untuk tahun ajaran secara cloud dan semua peringkat / nilai dapat dilihat dalam aplikasi. Tidak perlu khawatir tentang dokumen hilang atau penilaian hilang, karena itu semua tersimpan dalam LMS yang gratis ini.

5. Berbagi sumber daya yang cepat
Fasilitator online/guru dan pelatih memiliki kekuatan untuk berbagi informasi dan sumber daya online dengan peserta didik mereka langsung. Daripada harus memperbarui kursus eLearning atau mengirim email individu untuk setiap siswa, mereka tinggal mengakses aplikasi Google Classroomdan mendistribusikan link ke sumber daya online dan materi eLearning tambahan yang dapat menguntungkan peserta didik mereka. Ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperoleh update tepat waktu yang berhubungan dengan pelajaran saat ini, sehingga mereka dapat lebih memahami materi dan akses peralatan multimedia yang dapat meningkatkan pengalaman eLearning mereka.

Sekarang kita tahu bahwa Google Classroom banyak kelebihannya jika digunakan sebagai LMS. Anda dapat memutuskan untuk mencobanya saat membuat pembelajaran online berikutnya, guna memperoleh banyak manfaat dari perangkat yang ditawarkan oleh Google Apps for Education ini.

Ingin mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana aplikasi Google dapat memperkaya pengalaman pembelajaran online Anda? Masih banyak fitur-fitur Google yang dapat dieksplorasi guna meningkatkan fasilitas pembelajaran secara online learning.

Di IBI Darmajaya Google Classroom telah dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif untuk kegiatan belajar mengajar, terutama dibidang IT seperti Jaringan Komputer dan lain lain.

PENDAFTARAN ONLINE IBI DARMAJAYA


https://pmb.darmajaya.ac.id
Pendaftaran online di  IBI Darmajaya Bandar Lampung merupakan salah satu langkah alternatif agar memudahkan calon mahasiswa untuk melakukan pendaftaran.

Sebagai salah satu kampus swasta ternama di Lampung, IBI Darmajaya bisa jadi salah satu pilihan untuk berkuliah. Selain program sarjana, ada juga program diploma di kampus ini.

Program sarjana ada lima jurusan, yaitu teknik informatika, sistem informasi, sistem komputer, manajemen, dan akuntansi. Sedang diploma sendiri ada manajemen informatika, teknik komputer, dan akuntansi.

Untuk mahasiswa baru yang membayar lunas pembayaran semester pertama akan mendapat diskon 2,5%. Darmajaya juga memberikan keringanan untuk mencicil biaya kuliah.Bisa dicicil dua kali dengan ketentuan.

IBI Darmajaya juga membuka beberapa program beasiswa salah satunya beasiswa Bidikmisi. IBI Darmajaya memiliki banyak sekali unit kegiatan mahasiswa salah satunya yaitu UKM ARTALA, UKM FOOTSAL,ASSALAM DLL.

untuk lebih jelasnya silakan datang ke kampus IBI DARMAJAYA BANDAR LAMPUNG yang bertepatan di Jl. Zainal Abidin Pagar Alam No. 93 Labuhan Ratu – Bandar Lampung. atau kunjungi situs resmi(http://www.darmajaya.ac.id)

Syarat pendaftaran di kampus ibi darmajaya bandar lampung:

Lulusan SMU/ SMK / MA  sederajat dengan bidang studi IPA, IPS, Elektronika, dan lain lain dari Sekolah Negeri dan Swasta yang ijasahnya disahkan / diakui Pemerintah yang memenuhi kualifikasi tertentu.
Membayar uang pendaftaran sebesar RP. 250.000
Mengikuti Test Potensi Akademik (TPA) secara komputerisasi
Mengambil formulir pendaftaran dengan menunjukkan bukti pembayaran pendaftaran
Mengisi formulir pendaftaran disertai
Fotocopy Ijasah SMU / SMK / MA sederajat (terlegalisir) 2 lembar
Fotocopy Daftar Nilai SKHU (terlegalisir) 2 lembar
Pas Foto terbaru :Hitam Putih (2×3) 4 lembar, Hitam Putih (3×4) 1 lembar, Warna (2×3) 1 lembar,Warna (3×4) 1 lembar
untuk pendaftaran secara online silakan kunjungi situs resmi IBI DARMAJAYA

jika anda merasa bingung atau belum jelas silakan berikan komentar di bawah atau kontak kami melalui via email, dan kami akan memberikan balasan melalui via sms atau dapat bertatap muka secara langsung.selanjutnya kami akan memberikan bantuan mengenai pendaftaran di kampus ibi darmajaya.

SISTEM AKADEMIK ONLINE IBI DARMAJAYA


        SISKA atau sistem akademik secara online, didalam siska itu sendiri terdapat beberapa program yaitu pengisian KRS secara online, Data Mahasiswa,Info Nilai dan Matakuliah. SISKA dilengkapi dengan sistem sekripsi dan tugas akhor secara online.Yaitu untuk memudahkan mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi dan tugas akhir, Informatics and Business Institute (IBI) Darmajaya.Wakil Rektor Bidang Akademik dan Riset IBI Darmajaya, Drs. Envermy Vem,. M.Sc., menjelaskan penerapan sistem informasi untuk bimbingan skripsi dan tugas akhir dimaksudkan untuk efisiensi proses bimbingan skripsi.

“Selama ini mahasiswa yang hendak bimbingan selalu direpotkan untuk mencari dosen pembimbing. Tak sedikit pula dari mereka yang kesulitan menemui dosen pembimbingnya, mereka harus membuat janji, menunggu dan bolak-balik melakukan revisi. Proses yang panjang ini tentunya cukup menyita waktu bagi mahasiswa maupun dosen” kata Vem, kemarin (23/1).

Dikatakan Vem, penerapan sistem informasi skripsi dan tugas akhir tercipta untuk memangkas birokrasi panjang tersebut, sehingga lebih simple dan efisien. “Dengan program SISKA mahasiswa tak perlu lagi menemui dosen, cukup mengunduh skripsi mereka yang akan langsung diterima dosen dan direvisi, untuk kemudian diperbaiki mahasiswa lagi sampai ACC sidang” urainya.

Selain efisiensi proses bimbingan, lanjut Vem, inovasi tersebut dilakukan IBI Darmajaya untuk memaksimalkan penggunaan information Technology (IT) di kampus sehingga memudahkan semua proses kegiatan belajar dan pelayanan terhadap mahasiswa. “Semua berbasis IT, mulai dari pelayanan administratif mahasiswa, proses study, pengumuman informasi hingga proses tugas akhir”  ujarnya.

Dia menambahkan penerapan IT dalam setiap proses study di Darmajaya sejalan dengan filosofi kampus tersebut untuk menciptakan lulusan-lulusan yang berkualitas, yakni membentuk mahasiswa IT yang memahami enterpreneur  atau sebaliknya menciptakan entrepreneur yang memahami IT.

Sementara itu pembuat program SISKA, Arman Suryadikari, S.Kom., M.Ti., memaparkan semua proses skripsi mulai dari pengajuan judul, ACC, revisi, hingga pengumuman sidang bisa dilakukan melalui program SISKA.  Mahasiswa cukup meng-Upload bahan skripsi yang akan diajukan dengan format PDF, lalu diterima dosen untuk diperiksa, jika ada revisi maka dosen membuat catatan revisi kemudian di Upload untuk diperbaiki oleh mahasiswa.

“Terdapat data menu untuk masing-masing yang harus di klik mahasiswa dan dosen. SISKA memiliki fasilitas statistik untuk merekam jejak proses bimbingan yang berlangsung, mulai dari pengajuan judul, bimbingan, pengumuman sidang, bahkan berapa kali mahasiswa tersebut melakukan bimbingan, semua terekam dalam SISKA” papar Arman dalam sosialiasi program SISKA ke dosen IBI Darmajaya di laboratorium IAC.

Dia berharap program ini akan memudahkan dosen maupun mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi dan tugas akhir. Masing-masing dosen maupun mahasiswa juga diharapkan dapat mempersiapkan diri dengan rencana penerapan SISKA di IBI Darmjaya